KEUSAHAWANAN TEKNOLOGI MAKLUMAT (UCSD2762)
TUGASAN INDIVIDU
Tugasan –
Contoh Bisness Plan yang sedia ada
PENSYARAH : EN. NOR HASHIM BIN ABU SAMAH
PELAJAR : NOR JANNAH TALIB
(SX120301CSRS04)
Dengan
Hormat,
Beberapa
konsep aplikasi wirausaha di bawah ini adalah pengembangan ide dan inovasi atas
data, acuan, dan bahan presentasi Mata Kuliah Kewirausahaan yang kami kumpulkan
baik dari data kualitatif , kuantitatif maupun skema ide yang kami temukan di
internet dan di perpustakaan.
Konsep
ide Butik namun dengan segmen pasar yang berbeda dengan balutan cinta terhadap
budaya Indonesia yang beragam membawa ide ini untuk di presentasikan.
Allhamdullilah
berjalan dengan baik, walau kami akui berbagai aspek perlu kami pelajari dalam
wirausaha Batik di Indonesia. Satu hal yang pasti, Cinta Budaya Indonesia
dengan balutan Budaya eksotis Asia Tenggara - Batik di atas Design Modern
keinginan Jiwa Muda era Modern.
Maju
terus Wira Usaha Muda Indonesia.
Universitas
Tama Jagakarsa
Tembusan
: Bpk Dicky Haidi
BUTIK BATIKHOLIC
“ I LOVE INDONESIAN CULTURE , BATIKHOLIC INDONESIA”
I. RINGKASAN EKSEKUTIF
- Item yang di jual : Peralatan "Sandang" pria dan
wanita
- Design : Design di buat sendiri dan oleh remaja Indonesia
- Bahan : Asli batik dari Indonesia
- Model : Sesuai dengan budaya Indonesia
- Sasaran Pasar : Remaja
" Cinta Budaya Indonesia Persembarahan Remaja Indonesia Untuk Dunia
Remaja "
Elemen-elemen utama yaitu :
§ Produk yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia yang
tidak kebarat-baratan yaitu batik.
§ Lebih menawarkan barang-barang yang membawa tema dari daerah yang
terdapat di Indonesia.
§ Metode pemasaran yang menarik
§ Lokasi yang sangat strategis
§ Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.
Tahap awal dari rencana bisnis butik ini dengan membuka tempat butik disalah satu Mall di Jakarta seluas 4×5 m2
II BISNIS
a. Konsep Bisnis
5
Elemen utama Differensial yang
ditawarkan oleh Butik Batic Holic pada umumnya :
§ Produk yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia yang
tidak kebarat-baratan. Batikholic ini dididirikan dengan mengusung tema
dan design yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia agar kita lebih
mencintai produk dalam negeri yang dibuat dan di design khusus oleh remaja
Indonesia yang bakatnya tidak kalah dengan fashion design dari luar negeri.
§ Lebih menawarkan barang-barang yang ngusung tema dari daerah yang
terdapat di Indonesia.Tujuan dibuatnya Butik ini adalah agar remaja-remaja
Indonesia lebih menghargai dan mencintai produk-produk dalam negeri yang tidak
kalah daya jualnya denga produk luar negeri.
§ Metode pemasaran yang menarik
Metode pemasaran yang menarik disini adalah Butik Batikholic akan masuk
ke sekolah-sekolah SMP dan SMA dengan menawarkan brosur pada mereka dengan
memberikan mereka aksesoris yang kita jual secara gratis sebagai promosi agar
mereka ingin mencoba mendatangi tempat kita dan melihat barang-barang apa saja
yang dijual di Butik Batikholic ini.
§ Lokasi yang sangat strategis
Lokasi Butik BatikHolic ini sangat begitu strategis karena berada di
pusat perbelanjaaan yang sering dikunjungi oleh warga Jakarta dan jabodetabek.
Dan Mall ini sudah cukup terkenal sehingga banyak orang yang sudah mengetahui
Mall ini karena banyak sekali butik-butik untuk kalangan remaja yang berada di
Mall ini.
§ Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.
Butik Batikholic ini menawarkan barang-barang yang berkualitas dan tidak
akan sama dengan barang-barang yang ada dibutik-butik lain yang sudah ada
karena didesaign sendiri oleh pemilik butiknya dengan kreatifitas yang sangat
tinggi sehingga barang-barangnya tidak pasaran tetapi dengan harga yang cukup
terjangkau bagi kalangan remaja.
b. Produk yang ditawarkan
Meskipun barang utama yang ditawarkan adalah pakaian, tetapi Butik
Batikholic menawarkan barang-barang lain yang biasa dipakai oleh remaja wanita
sehari-hari.
§ Model Pakaian
Butik BatikHolic menawarkan model pakaian yang tidak banyak dipasaran
dan begitu unik tetapi mahal fashionable dan keren meskipun dengan setiap
barang yang dijual selalu diselipkan budaya Indonesia seperti adat-adat bali,
toraja, jawa, sunda dan lain-lain.
§ Aksesoris
Disini pula Butik Batikholic menawarkan berbagai macam sepatu, tas dan
aksesoris yang unik seperti kalung batu dari kalimantan dan kalung berbentuk
dan berwarna bulu-bulu seperti warna burung cendrawasih. Pelanggan pun dapat
membuat design sendiri yang mereka inginkan dan mereka sebisa mungkin kami akan
membuat yang seperti mereka ingin inginkan.
c. Harga
Harga yang ditawarkan oleh Butik Batikholic tidak terlalu jauh berbeda
dengan butik-butik lainnya yang cukup terjangkau oleh kalangan remaja.
Berikut Daftar Proyeksi Harga :
1. Baju Kaos Rp. 95.0000 – Rp. 150.000
2. Baju Blouse Rp. 150.000 – Rp. 200.000
3. Celana Panjang Rp. 100.000 – Rp. 150.000
4. Celana Pendek Rp. 75.0000 – Rp. 100.000
5. Sepatu Rp. 120.000 – Rp. 200.000
6. Tas Rp. 150.000 – Rp. 200.000
7. Aksesoris (gelang,kalung,cincing,anting dll ) Rp. 25.000 – Rp. 75.000
Harga
yang ditawarkan relative bersaing dibandingkan dengan pesaing.
d. Persediaan Barang dan Pemasaran
• Strategi pemasaran perusahaan menciptakan tingkat kesadaran merek
batik, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan
edukasi produk yang ditawarkan perusahaan.
* Strategi Pengendalian Mutu dan
observasi Customer satisfaction atas
produk didalam BatikHolic.
* Adanya Win-Win Solution atas Hak Cipta berupa apresiasi terhadap seniman batik indonesia.
Abdul Latief " Status pekerja bukan sekedar sapi perahan, melainkan mitra usaha sejajar bagi majikan".
Sebuah bentuk apresiasi terhadap seniman batik yang menunjang usaha dan bisnis ini, sebuah bentuk Meritokrasitanpa mengabaikan kreatifitas seniman yang lain, hingga menunjang untuk semakin kreatif dan produktif dalam berkreasi dan bersaing di bidang batik Indonesia.
• Implementasi stategi ini meliputi hal-hal berikut ;
Abdul Latief " Status pekerja bukan sekedar sapi perahan, melainkan mitra usaha sejajar bagi majikan".
Sebuah bentuk apresiasi terhadap seniman batik yang menunjang usaha dan bisnis ini, sebuah bentuk Meritokrasitanpa mengabaikan kreatifitas seniman yang lain, hingga menunjang untuk semakin kreatif dan produktif dalam berkreasi dan bersaing di bidang batik Indonesia.
• Implementasi stategi ini meliputi hal-hal berikut ;
1. Memberikan kesan unik agar berbeda dengan yang lain.
2. Penawaran diskon apabila membeli barang lebih dari 1.
3. Materi-materi edukasi ( seperti poster dan selembaran ) yang
berkaitan dengan barang yang akan dijual. Dan berbagai macam model baru yang
remaja-meja saat ini gandrungi.
4. Layanan yang proaktif
5. Memberikan jasa layanan online, agar membeli tidak dengan susah payah
datang ke tempat kita untuk membeli barang yang diinginkan tetapi hanya dengan
akses internet dapat memperoleh barang yang diingankan.
6. Memberikan jasa gratis ongkos kirim untuk wilayah jabodetabek untuk
pembelian online.
e. Layanan Pelanggan
• Layanan yang diberikan oleh Butik Batikholic sangatlah cepat, ramah
dan tepat agar pelanggan dapat merasa nyaman apabila berbelanja pada butik ini.
Pelayan yang sangat bersahabat.
• Karyawan pun diberikan seragam yang dibuat khusus oleh butik
batikholic sehingga terlihat lebih menarik.
f. Design Tempat
• Butik BatikHolic ini seperti tujuannya yaitu agar anak muda Indonesia
lebih mencintai bangsa sendiri, maka butik BatikHolic di design dengan
aksen-aksen lukisan budaya Indonesia tetapi tidak kalah modern dengan aksen
minimalis dengan nuansa warna pink yang elegan nuansa relaksasi dari interior
air terjun, air mancur, dan aksen comfortable.
g. Lokasi dan pilihan wilayah
• Pilihan dan lokasi butik batikHolic ini adalah dengan kriteria Mall
dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah, dijangkau, dan terlihat dari
jarak jauh.
• Pilihan mall ini adalah mall yang terkemuka dan sangat sering
dikunjungi oleh anak muda Jakarta dan sekitarnya dan merupakan mall favorit
mereka untuk berbelanja.
Ada beberapa aspek yang bisa di jalankan dalam membuka usaha Butik ini
diantaranya :
A.Aspek Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola
secara bersama- sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing misalkan dari
5 orang 3 orang bertugas berbelanja bahan pakaian, yang bertugas mendesign
bajunya dan yang menjahit bajunya.
B. Aspek Pemasaran
a. Target Pasar
Yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman
bahwa usaha Butik Baticholic bekerja berdasarkan trend yg sedang mendunia,
kegiatan produksi dimulai apabila barang telah diterima, maka kegiatan produksi
perusahaan tidak akan bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis
itu hidup adalah pemasaran keuangan dan administrasi. Target pasarnya adalah
remaja-remaja antara usia 15 sampai dengan 25.
b. Konsep Pemasaran
Terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Kita mesti
melihat competitor . Misalnya saja, menentukan apa, 10 pakaian terpopuler saat
ini. Nah, khusus, ke 10 menu itu, maka mutlak menguasainya. Langkah berikutnya,
bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju (Out Of The
Box) . Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal
yang baru dengan 10 populer itu tetapi dengan tetap mengusung tema tetap tidak
mengesampingakan budaya Indonesia.
p.s : Beberapa aplikasi Batik sudah di berdayakan untuk trend anak muda
dewasa ini.
http://jaketdistro.net/jaket-batik-jaet-unik-1250 . adalah contoh aplikasi bisnis untuk jaket dan hodiee
c. Produk dan penetapan Harga Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga.
Tidak
jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak
efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku
dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan pakaian murah
namun berkualitas.
III. PASAR
• Segmentasi Pasar
Butik Batikholic ini bersegmen
Ciri-ciri : Wanita Usia antara 15 – 25 tahun yang sangat menyukai
fashion dan memakai pakaian tidak hanya memakainya tetapi menyesuaikan dengan
kepribadiannya.
• Positioning
Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, Butik Batikholic merancang
sebuah strategi positioning
Beberapa positioning statement yang bisa digunakan, misalnya :
“
Butik elegan nan trendi tetapi sangat mengIndonesia”
“ I
love Indonesia, Batikholic Indonesia”
IV. PELANGGAN
• Pasar sasaran Butik Batikholic adalah anak sekolah dimulai dari anak
sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan mahasiswa.
• Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesananan melalui media Online.
V. PERSAINGAN
•Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan,
pengenalan akan merek dan lokasi butik.
• Butik Batikholic akan bersaing langsung dengan sesama butik lainnya.
VI. MANAJEMEN
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:
• Profesionalisme
• Keahlian dalam keuangan, manajemen, dan aspek hukum
• Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan
determinasi serta intergritas.
VII. PROYEKSI KEUANGAN
1. Kas
Rp 50.000.000,00
2. Baya sewa gerai
Rp.10.000.000,00
3. Rancangan interior
Rp. 10.000.000,00
4. Perlengkapan
Rp 10.000.000,00
5. Peralatan
Rp. 5.000.000,00
copyright : Universitas Tama Jagakarsa @ 2011
Referensi :
- Ide bisnis Shopaholic -Entrepreneurship
- www.rumahkayla.com
Beberapa Contoh Aplikasi Batik Modern untuk remaja :
ARTIKEL TERKAIT